laman

Selasa, 28 September 2010

Silabus Evaluasi

SILABUS MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah : Evaluasi Pengajaran
Bobot Mata Kuliah : 2 sks
Kelompok Mata Kuliah : MKK
Dosen Pembina : Drs. Ilpi Zukdi, M. Pd.
Semester : Ganjil

A. DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini membahas hakekat pengukuran dan penilain hasil belajar, mengolah
dan melaporkan hasil evaluasi, serta menggunakan hasil evaluasi untuk kepentingan
pembelajaran

B. TUJUAN MATA KULIAH

Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa memahami hakekat pengukuran dan
penilaian, mampu menyusun perangkat alat evaluasi pengajaran, mengolah,
melaporkan hasil evaluasi, dan menggunakan hasil evaluasi untuk kepentingan
pembelajaran.

C. KEPUSTAKAAN

1. Arikunto, Suharsimi. 1989. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina
Aksara
2. Ary, Donal dkk. 1972. Introduction to Research in Education. New York: Holt,
Renehart and Winston
3. Nurkancana, Wayan dan Sunartana, P.P.N. 1982. Evaluasi Ilmu Pendidikan.
Surabaya:Usaha Nasional
4. Utomo, Tjipto dan Rujter, Kees. 1985. Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan.
Jakarta: Gramedia
5. Yusuf, A Mury. 1986. Teknik Evaluasi. Padang: FIP IKIP Padang
6. Prayitno, 1987. Pengadministrasian Tes. Padang: FIP IKIP Padang

D. STRATEGI PERKULIAHAN

1. Kuliah Mimbar
2. Diskusi Kelompok
3. Observasi
4. Presentasi
5. Pemberian Tugas

E. PENILAIAN
1.Kehadiran dan aktivitas dalam kelas 10 %
2.Tugas mingguan 20 %
3.UTS 30 %
4.UAS 40 %
Jumlah 100 %

F. KEGIATAN PERKULIAHAN


I. KONSEP DASAR PENGUKURAN DAN PENILAIAN
A.Pengertian Pengukuran dan penilaian
B.Peranan penilaian dalam pembelajaran
C.Hubungan antara penilaian dengan mutu pembelajaran
1,3,5
II.Prinsip-prinsip penilaian
Skala pengukuran
1,3,5
III. TAKSONOMI BLOOM
A. Ranah kognitif
B. Ranah Afektif
C. Ranah psikomotor
1,3,5
IV. PENGEMBANGAN INSTRUMEN
A. Jenis Instrumen
B. Tes
1.Pengertian Tes
2.Jenis-jenis tes
3,5
V. Teknik Menulis Tes Esai
Membuat TIK dan soal
3,5
VI.Teknik Menulis Tes Objektif
1)betul-salah
2)penjodohan
3)pilihan ganda
4)Membuat Kisi-kisi
3,5
VII.analisis sebab akibat
asosiasi pilihan ganda
Membuat contoh soal sesuai kisi-kisi 3,5
VIII. Observasi
1. Pengertian
2. Jenis
3. Pengembangan dan penggunaan 3,5

UJIAN TENGAH SEMESTER
IX. MENENTUKAN KUALITAS INSTRUMEN TES
a. Validitas
b. Reliabilitas
c. Tingkat kesukaran
d. Daya beda sda 1,2,3

X. Penggunaan Penilaian
1. Penilaian Acuan Normatif (PAN)
1,2,4,5 3,5
2. Penilaian Acuan Patokan (PAP)
1,2,4,5 3,5
XI. Pengadministrasian Tes 1,2,3,4,5,6

XVIII UJIAN AKHIR SEMESTER