laman

Minggu, 18 September 2011

sibalus evaluasi

SILABUS MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah               :  Evaluasi Pengajaran
Kode Mata Kuliah                : 
Bobot Mata Kuliah               :  3  sks
Kelompok Mata Kuliah        :  MKK
Dosen Pembina                     :  Drs. Ilpizukdi, M. Pd.
Semester                               :  V

A.     DESKRIPSI MATA KULIAH


Mata kuliah ini membahas hakekat pengukuran dan penilain hasil belajar, mengolah dan melaporkan hasil evaluasi, serta menggunakan hasil evaluasi untuk kepentingan pembelajaran

B.     TUJUAN MATA KULIAH

Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa memahami hakekat pengukuran dan penilaian, mampu menyusun perangkat alat evaluasi pengajaran, mengolah, melaporkan hasil evaluasi, dan menggunakan hasil evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.

C.     KEPUSTAKAAN

  1. Arikunto, Suharsimi. 1989. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara
  2. Ary, Donal dkk. 1972. Introduction to Research in Education. New York: Holt, Renehart and Winston
  3. Nurkancana, Wayan dan Sunartana, P.P.N. 1982. Evaluasi Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
  4. Utomo, Tjipto dan Rujter, Kees. 1985. Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia
  5. Yusuf, A Mury. 1986. Teknik Evaluasi. Padang: FIP IKIP Padang
  6. Prayitno, 1987. Pengadministrasian Tes. Padang: FIP IKIP Padang

D.    STRATEGI PERKULIAHAN


  1. Kuliah Mimbar
  2. Diskusi Kelompok
  3. Observasi
  4. Presentasi
  5. Pemberian Tugas

E.     PENILAIAN
  1. Kehadiran dan aktivitas dalam kelas                  10%
  2. Tugas mingguan                                                20 %
  3. UTS                                                                  30 %
  4. UAS                                                                 40 %
Jumlah                                                              100%

F.      KEGIATAN PERKULIAHAN



MG KE
MATERI (TOPIK DAN RINCIAN)
Tugas
SUMBER
1
2
3
4
Minggu I
Penjelasan Silabus



I

 

I. KONSEP  DASAR  PENGUKURAN DAN   PENILAIAN

A.     Pengertian Pengukuran dan penilaian
B.     Peranan penilaian dalam pembelajaran
C.     Hubungan antara penilaian dengan mutu pembelajaran


Membaca buku sumber

1,3,5
II
D.     Prinsip-prinsip penilaian
E.      Skala pengukuran

sda
1,3,5
III
II. TAKSONOMI BLOOM
A.     Ranah kognitif
B.     Ranah Afektif
C.     Ranah psikomotor

sda
1,3,5
IV
III. PENGEMBANGAN INSTRUMEN
A.     Jenis Instrumen
B.     Tes
  1. Pengertian Tes
  2. Jenis-jenis tes

sda
3,5
V
a. Teknik Menulis Tes Esai

Membuat TIK dan soal
3,5
VI
b. Teknik Menulis Tes Objektif
1)      betul-salah
2)      penjodohan
3)      pilihan ganda

Membuat Kisi-kisi
3,5
VII
4)      analisis sebab akibat
5)      asosiasi pilihan ganda
6)      isian

Membuat contoh soal sesuai kisi-kisi
3,5
IX
C.     Observasi
  1. Pengertian
  2. Jenis
  3. Pengembangan dan penggunaan


3,5

X


UJIAN TENGAH SEMESTER



XI
IV. MENENTUKAN KUALITAS INSTRUMEN TES
a.      Validitas

Membuat latihan
3,5
XII
b.      Reliabilitas

sda
3,5
XIII
a.      Tingkat kesukaran

sda
3,5
XIV
b.      Daya beda

sda
1,2,3

XV
E.  Penggunaan Penilaian
1. Penilaian Acuan Normatif (PAN)

1,2,4,5
3,5
XVI
   2. Penilaian Acuan Patokan (PAP)

1,2,4,5
3,5
XVII
Pengadministrasian Tes
1,2,3,4,5
6

XVIII
UJIAN AKHIR SEMESTER



                                                                                                                                  Padang,   September 2011
                                                                                                           
                                                                                                  Dosen yang bersangkutan





                                                                                                  Drs. Ilpi Zukdi,M.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar