SILABUS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah : Evaluasi Pengajaran
Kode Mata Kuliah :
Bobot Mata Kuliah : 3 sks
Kelompok Mata Kuliah : MKK
Dosen Pembina : Drs. Ilpizukdi, M. Pd.
Semester : V
A. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas hakekat pengukuran dan penilain hasil belajar, mengolah dan melaporkan hasil evaluasi, serta menggunakan hasil evaluasi untuk kepentingan pembelajaran
B. TUJUAN MATA KULIAH
Setelah mengikuti kuliah ini diharapkan mahasiswa memahami hakekat pengukuran dan penilaian, mampu menyusun perangkat alat evaluasi pengajaran, mengolah, melaporkan hasil evaluasi, dan menggunakan hasil evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
C. KEPUSTAKAAN
- Arikunto, Suharsimi. 1989. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara
- Ary, Donal dkk. 1972. Introduction to Research in Education. New York: Holt, Renehart and Winston
- Nurkancana, Wayan dan Sunartana, P.P.N. 1982. Evaluasi Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
- Utomo, Tjipto dan Rujter, Kees. 1985. Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia
- Yusuf, A Mury. 1986. Teknik Evaluasi. Padang: FIP IKIP Padang
- Prayitno, 1987. Pengadministrasian Tes. Padang: FIP IKIP Padang
D. STRATEGI PERKULIAHAN
- Kuliah Mimbar
- Diskusi Kelompok
- Observasi
- Presentasi
- Pemberian Tugas
E. PENILAIAN
- Kehadiran dan aktivitas dalam kelas 10%
- Tugas mingguan 20 %
- UTS 30 %
- UAS 40 %
Jumlah 100%
F. KEGIATAN PERKULIAHAN
MG KE | MATERI (TOPIK DAN RINCIAN) | Tugas | SUMBER |
1 | 2 | 3 | 4 |
Minggu I | Penjelasan Silabus | | |
I | I. KONSEP DASAR PENGUKURAN DAN PENILAIANA. Pengertian Pengukuran dan penilaian B. Peranan penilaian dalam pembelajaran C. Hubungan antara penilaian dengan mutu pembelajaran | Membaca buku sumber | 1,3,5 |
II | D. Prinsip-prinsip penilaian E. Skala pengukuran | sda | 1,3,5 |
III | II. TAKSONOMI BLOOM A. Ranah kognitif B. Ranah Afektif C. Ranah psikomotor | sda | 1,3,5 |
IV | III. PENGEMBANGAN INSTRUMEN A. Jenis Instrumen B. Tes
| sda | 3,5 |
V | a. Teknik Menulis Tes Esai | Membuat TIK dan soal | 3,5 |
VI | b. Teknik Menulis Tes Objektif 1) betul-salah 2) penjodohan 3) pilihan ganda | Membuat Kisi-kisi | 3,5 |
VII | 4) analisis sebab akibat 5) asosiasi pilihan ganda 6) isian | Membuat contoh soal sesuai kisi-kisi | 3,5 |
IX | C. Observasi
| | 3,5 |
X | UJIAN TENGAH SEMESTER | | |
XI | IV. MENENTUKAN KUALITAS INSTRUMEN TES a. Validitas | Membuat latihan | 3,5 |
XII | b. Reliabilitas | sda | 3,5 |
XIII | a. Tingkat kesukaran | sda | 3,5 |
XIV | b. Daya beda | sda | 1,2,3 |
XV | E. Penggunaan Penilaian 1. Penilaian Acuan Normatif (PAN) | 1,2,4,5 | 3,5 |
XVI | 2. Penilaian Acuan Patokan (PAP) | 1,2,4,5 | 3,5 |
XVII | Pengadministrasian Tes | 1,2,3,4,5 | 6 |
XVIII | UJIAN AKHIR SEMESTER | | |
Padang, September 2011
Dosen yang bersangkutan
Drs. Ilpi Zukdi,M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar