laman

Rabu, 26 Maret 2008

sap media pembelajaran

A. INFORMASI UMUM
Perguruan Tinggi : Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Fakultas : FAI
Nama Mata Kuliah : Media Pengajaran
Bobot Mata Kuliah : 2 SKS
Semester : 3 (tiga)
Jadwal Kuliah : (Ditentukan kemudian)
Jadwal Konsultasi : (Ditentukan kemudian)
B. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini merupakan bagian dari kelompok Mata Kuliah Bidang Studi (MKBS) yang harus diambil oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Isi mata kuliah ini menyangkut dengan pengertian, pemahaman tentang fungsi media pendidikan, kriteria pemilihan media, pengenalan berbagai media baik media di lingkungan sekolah maupun media elektronik, pembuatan media, memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar dan latihan memilih dan memanfaatkan media.
Mata kuliah ini diperuntukkan bagi mahasiswa semester 3 (tiga). Kehadiran mahasiswa diharapkan 100 %, ketidakhadiran yang tidak dapat dielakkan (seperti sakit) harus diberitahukan secara tertulis kepada dosen.
C. TUJUAN
1. Umum
Agar mahasiswa memiliki pengetahuan praktis tentang cara-cara merencanakan dan merancang pembuatan media pendidikan yang sederhana dan murah namun memberikan manfaat yang tinggi bagi peningkatan efektifitas pendidikan.
2. Secara lebih khusus tujuan mata kuliah ini adalah :
a. Mahasiswa dapat memahami pengertian, latar belakang dan kedudukan media pengajaran dalam proses belajar mengajar.
b. Mahasiswa dapat mengenali berbagai media di lingkungan sekolah
c. Mahasiswa dapat memahami dan mempraktekkan pembuatan media sederhana untuk lingkungan sekolah
d. Mahasiswa memahami dan dapat mempraktekkan berbagai media elektronika
D. KEPUSTAKAAN
1. Arief Sadiman (dkk), (1993). Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan dan Pemamfaatannya, Pustekom Dikbud dan PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
2. Azhar Arsyad, (2000), Media Pengajaran, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
3. Ilpi Zukdi, (1998). Media Pengajaran, Bahan Kuliah Fakultas Agama Islam UMSB,
4. J.A. Doko Saudale,BA. (1984). Aneka Ragam Sarana Belajar. Kantor Menpora Jakarta
5. James M. Theroux, Effective Educational Radio: An Approach to Analyzing Programs. Center for International Education Hills House South University Massachusetts. Amherst. Massachusetts
6. Jerrold E.Kemp. (1975). Planning and Producing Audiovisual Materials. Third Edition. Thomas Y Crowell. New York, Established.
7. Moedjiono. (1980). Media Pendidikan. P3G Depdikbud Jakarta
8. Zainuddin (dkk). (1983). Pusat Sumber Belajar; Perpustakaan sebuah kompilasi. Depdikbud Dirjen Dikti, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan tenaga Kependidikan. Jakarta

E. STRATEGI PERKULIAHAN
Perkuliahan ini dilaksanakan dengan strategi sebagai berikut :
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi
4. Presentasi
5. Demonstrasi/Simulasi
6. Praktek
F. TUGAS
Setiap minggu akan diberikan tugas. Tugas ini dapat bersifat perorangan atau yang dikerjakan secara berkelompok. Isi tugas ini berupa bahan-bahan yang dibahas dalam kelas, bahan-bahan yang terdapat dalam sumber belajar tertentu dan praktek lapangan (studi kasus).
G. PENILAIAN
Disamping ujian tengah semester dan ujian akhir semester, penilaian dalam mata kuliah ini juga didasarkan kepada mutu kegiatan dan penampilan mahasiswa dalam kelas, tugas-tugas serta ujian kecil.









H. KEGIATAN PERKULIAHAN
Minggu
Ke
Pokok
Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Stra-tegi
Sumber
1
Orientasi perkuliahan
1. Pengadministrasian (perkenalan diri dan mata kuliah)
2. Pembahasan silabus
1,2,3
Silabus mata kuliah
2
Pemahaman tentang fungsi media pendidikan
1. Pengertian media
2. Perkembangan media pendidikan
3. Fungsi media
4. Pentingnya media dalam PBM
1,2,3
6 (1-11) 1 (6-11) 7 (2-3) 3 (2-5) 8 (54-55) 2 (3-14)
3
Pemilihan Media
1. Media jadi dan media rancangan
2. Dasar pertimbangan pemilihan media
3. Kriteria pemilihan media
2,3,4
1 (83-86)
3 (5-8)
8 (58-60)
4
Pemilihan Media
4. Model/prosedur pemilihan media
5. Faktor yang mempengaruhi pemilihan media
6. Jenis-jenis media
2,3,4
1 (86-98)
3 (8-13)
7 (3-40)
8 (60-80)
5
Media di lingkungan sekolah
1. Gambar/photo
2. Diagram
3. Bagan
2,3,4
1 (28-33, 34-341)
8 (6064)
7 (9-10,12-14)
6
Media di lingkungan sekolah
5. Grafik/chart
6. Kartun
7. Poster
2,3,4
1 (41-49)
4 (15-18)
7 (10-12, 15)
8 (64-66)
7
Media di lingkungan sekolah
8. Leaflet/folder
9. Booklet
2,3,4
7 (12-14)
4 (19-23)
8
Media di lingkungan sekolah
7. Chart
8. Foto Novela
2,3,4
8 (63)
4 (24-26)
9
UTS
Materi tengah semester 3
Ujian Tulisan
Semua ba-han sebelum UTS
10
Media Elektronika
1. Radio
2. Televisi
2,3,4
5 (1-2,5-6) 1 (52-53,73-75) 7 (28-32) 8 (67-68,77-79)
11
Media Elektronika
3. Film
4. OHP
2,3,4
1 (57-67)
7 (22-28, 35-39) 4 (8-11)
8 (93-108)
12
Pembuatan media pendi-dikan sederhana
1. Flipchart
2. Poster
5,6
Bahan-bahan praktek
13
Pembuatan media pendi-dikan sederhana
3. Booklet
4. Folder
5,6
Bahan-bahan praktek
14
Pembuatan media pendi-dikan sederhana
5. Foto Novela
6. Transparanci
5,6
Bahan-bahan praktek
15
Pemanfaatan Perpustakaan sebagai sum-ber belajar
1. Pengertian
2. Fungsi
3. Prinsip penggunaan
4. Jenis Koleksi
5. Sistem klasifikasi perpustakaan
6. Penggunaan perpustakaan dalam KBM
7. Sumber belajar perpustakaan
1,2,3
8 (17-42)
16
Latihan me-milih dan me-manfaatkan media
1. Flip Chart
6

17
Latihan me-milih dan me-manfaatkan media
2. O H P
6

18
Ujian akhir semester
Semua materi dan laporan pelak-sanaan kegiatan
Ujian tulis
Semua bahan


Padang, 12 September 2004
Dosen yang bersangkutan




Drs. Ilpi Zukdi,M.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar